Cara menghitung biaya pembangunan rumah sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja, tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk mencermatinya. Padahal, perhitungan biaya ini sangat penting dilakukan jika ingin membangun sebuah hunian dengan biaya minimal.

Jika Anda asal mempercayai penghitungan biaya ini kepada penyedia jasa kontraktor, Anda tidak akan tahu biaya sebenarnya yang bisa dihemat. Ingat, penyedia jasa pastinya akan menarik keuntungan dari kerja yang sudah mereka keluarkan. Dan, keuntungan yang mereka ambil bisa jadi sangat besar, jika Anda tidak mempunyai gambaran hitungan biaya sebenarnya.

Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menghitung besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah rumah? Berikut ini cara menghitungnya.

Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah

Menghitung Luas Lahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung luas tanah yang Anda miliki sebelum dibangun. Penghitungan luas tanah akan dijadikan sebagai pedoman untuk membuat desain rumah yang akan dibangun.

Meskipun Anda sudah mendapatkan informasi  terkait ukuran tanah dari penjual, Anda tetap harus mengukurnya ulang untuk memastikannya. Sebab, jika salah dalam perhitungan ini, akan berpengaruh terhadap rancangan gambar rumah maupun biaya pembelian material nantinya.

Beberapa alat yang digunakan untuk menghitung ukuran tanah antara lain kalkulator, benang ukur, waterpass, roll meter, theodolite, dan pengukur sudut. Sebelum diukur, sebaiknya lahan dibersihkan dari benda-benda yang menghalangi pandangan.

Menghitung Biaya Pembuatan Desain

Setelah mengetahui luas lahan, langkah selanjutnya adalah membuat desain rumah, baik eksterior maupun interior. Pembuatan desain rumah ini diperlukan untuk memperkirakan biaya yang bakal Anda keluarkan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa arsitektur.

Beberapa keuntungan menggunakan jasa arsitektur antara lain:

  • Menghindari munculnya risiko kesalahan dalam membuat struktur konstruksi rumah, seperti dinding cepat retak dan sebagainya.
  • Menghindari adanya pembengkakan biaya karena penyedia jasa telah membuatkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dapat dijadikan panduan.
  • Memungkinkan mendapatkan ide baru karena penyedia jasa arsitek biasanya akan memberikan nasihat profesional agar rumah tidak hanya berfungsi sebagai hunia, namun juga indah dipandang mata.
  • Lebih hemat dalam penggunaan material karena penyedia jasa arsitektur sudah ahli dalam memperkirakan banyaknya material yang digunakan berdasarkan desain rumah.

Menyusun Daftar Material Bangunan yang Dibutuhkan

Berdasarkan desain rumah yang sudah jadi, langkah selanjutnya adalah membuat susunan material bangun yang diperlukan. Tidak hanya itu, banyaknya setiap item material bangunan juga sudah harus ditentukan dari awal agar tidak terjadi penimbunan material maupun pemborosan biaya.

Beberapa material bangunan yang biasanya dibutuhkan antara lain batu kali, semen, bata merah, pasir, gamping, besi atau baja, batu kerikil, kayu, rangka atap baja ringan, genteng, keramik, kusen, pintu dan jendela, perlengkapan kamar mandi, dan sebagainya. Jangan lupa juga cat sebagai finishing akhir bangunan.

Menghitung Biaya Pekerja

Untuk biaya pekerja sangat tergantung biaya hidup standar di kota tersebut. Selain itu, besar kecilnya upah pekerja sangat tergantung dari keterampilan masing-masing. Biasanya, untuk tukang dengan keterampilan khusus, seperti tukang kayu, mempunyai upah lebih besar dibandingkan tukang pada umumnya.

Anda bisa mengkonsultasikan harga pekerja pada jasa kontraktor. Biasanya, banyak pekerja dan  waktu yang Anda inginkan untuk menyelesaikan pekerjaan juga menentukan besar kecilnya pengeluaran Anda di sisi ini.

Setelah semua biaya di atas dihitung, jumlahkan untuk mendapatkan estimasi pengeluaran yang harus Anda tanggung selama pekerjaan pembangunan rumah. Cukup mudah, bukan?


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Selamat Datang

Saat ini kami membuka Kerjasama untuk menjual produk seputar bahan bangunan yang ada di website ini. Hubungi kami

× Hubungi CS