Banyak orang saat ini memimpikan bangunan rumah minimalis. Namun apakah itu rumah minimalis? Pada kenyataanya, rumah yang sering disebut minimalis tersebut kenyataannya tidaklah minimalis. Bahkan banyak yang justru terkesan terlalu glamour dan mewah untuk disebut minimalis. Rumah minimalis juga bukan rumah yang terlalu sederhana dan terkesan ala kadarnya. Desain arsitektur rumah minimalis justru terletak pada pemaksimalan fungsi dari berbagai ruang, sudut bangunan, serta material yang ada dalam bangunan tersebut. Tidak melulu rumah yang minim perabot juga disebut rumah minimalis. Berikut ini syarat rumah minimalis yang wajib anda ketahui sebelum membangun rumah minimalis :

Syarat Rumah Minimalis

Yakin Desain Arsitektur Rumah Anda Minimalis? Ini Dia Syarat Rumah Minimalis

Bentuk Yang Sederhana

Bentuk rumah minimalis lebih menonjol pada fungsi rumah pada umumnya, bukan dengan bentuk yang mewah dan menonjol. Pertama, rumah minimalis biasanya secara sederhana hanya berbentuk kotak atau persegi panjang yang “kaku”. Kedua, rumah minimalis biasanya memiliki bentuk atap yang tidak terlalu menyudut bahkan cenderung datar. Hal ini memiliki tujuan untuk meminimalisir kebutuhan rangka atap, serta memaksimalkan fungsi atap sebagai pelindung isi rumah. Selain itu, untuk tampilan luar atau finishing bagian dinding luar rumah juga sangat sederhana, hanya dicat seperlunya. Bahkan banyak pula yang memilih model bata mentah sebagai tampilan eksterior rumah. Hal ini lebih berkaitan pada fungsi dinding rumah, dibandingkan keindahan tampilannya.

Daun Pintu dan Jendela Lebar

Daun pintu dan bingkai jendela untuk desain arsitektur rumah minimalis juga biasanya dibuat besar. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran akibat banyaknya aksen atau model yang diterapkan, sekaligus memaksimalkan fungsi pintu dan jendela. Jendela yang lebar tentu akan memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Pintu juga berfungsi hal yang sama, selain juga sebagai akses utama keluar masuk ruangan. Selain itu, daun pintu dan jendela yang lebar juga lebih memungkinkan akses cahaya matahari masuk ke seluruh ruangan dengan maksimal. Pencahayaan alami di siang hari tentu akan mengurangi beban penggunaan listrik harian.

Batas Antar Ruangan Jelas atau Terbuka dan Multifungsi

Untuk desain arsitektur rumah minimalis biasanya tidak menyediakan banyak ruang. Secara umum hanya terdapat kamar mandi dan kamar pribadi sebagai ruang tertutup. Sementara, dapur dan ruang makan sering kali menjadi satu. Ruang keluarga juga sering dibaurkan sebagai ruang tamu. Hal ini bukan karena faktor lahan yang sempit, namun lebih pada memaksimalkan kondisi ruangan agar cahaya matahari serta udara dapat bersirkulasi dengan baik. Beberapa dari anda tentu akan memilih memasang pembatas tambahan seperti anyaman bambu atau kayu sebagai pemisah antar bagian ruangan.

Luas Halaman Terbatas

Rumah minimalis juga umumnya tidak memiliki lahan terlalu luas. Penataan lahan juga akan diprioritaskan pada tanaman-tanaman yang kecil, tidak memakan banyak tempat, serta dapat disusun. Zona hijau untuk rumah minimalis dapat dialokasikan dengan membuat susunan tanaman hidroponik tua dengan rak susun pada pot-pot kecil. Tidak jarang beberapa orang justru mempergunakan bagian dalam rumah yang terkena sinar matahari langsung sebagai zona atau area untuk menanam tanaman secara hidroponik.

Furnitur Terbatas

Syarat rumah minimalis selanjutnya adalah memaksimalkan furnitur, sehingga bagian dalam rumah akan terasa lebih lapang. Meja dan kursi yang disediakan tentu akan dipilih yang serbaguna. Misal satu meja di ruang makan dapat difungsikan sebagai meja makan, meja santai, sekaligus meja kerja. Selain itu, kursi tamu dan kursi keluarga menjadi satu di ruang keluarga. Tidak banyak lemari dipajang di area ruang keluarga ini. Sehingga zona pusat ini menjadi lebih luas.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Selamat Datang

Saat ini kami membuka Kerjasama, Sewa atau Menjual website ini. Berminat? Hubungi kami

× Hubungi CS