Mungkin belum banyak yang tahu mengenai turbin ventilator, simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu Turbin Ventilator

Turbin ventilator adalah salah satu jenis ventilasi udara yang memiliki fungsi yang serupa dengan exhaust fan atau roof fan. Turbin ventilator adalah alat penghisap udara panas, dan debu, juga merupakan ventilasi untuk sirkulasi udara.

Harga Turbin Ventilator Kiencier Terbaru

Sebelumnya turbin ventilator ini lebih banyak dipakai di pabrik-pabrik atau di gedung olahraga, dan lain sebagainya. Baru belakangan ini mulai tersedia turbin ventilator dengan ukuran kecil yang diperuntukan bagi rumah tinggal. Bentuknya mirip seperti jamur ataupun bawang bombay dengan sirip-sirip vertikal yang dipasang menonjol di atap rumah.

Idealnya sebuah ruangan akan membutuhkan pergantian udara dengan volume sebesar sekitar 70 hingga 90 meter kubik (m3) per jam, supaya suhunya sama dengan suhu udara di luar. Masalahnya, biasanya jendela dan juga pintu itu tidak selalu terbuka. Sementara ventilasi yang ada kadang berukuran kecil sehingga udara di dalam ruang terasa panas. Masalah yang lain juga adalah ketika udara keluar masuk, sirkulasi udara hanya terjadi di bawah plafon, sedangkan di antara atap dan plafon itulah udara panas mengumpul, dan karena tak ada celah untuk keluar, maka udara panas dari permukaan atap lantas akan diradiasikan ke bawah sehingga ruangan menjadi makin panas. Udara panas di antara atap dan plafon tersebut juga menyebabkan kondensasi atau pengembunan yang bisa  membuat plafon dan juga dinding berjamur.

Pemasangan AC memang dapat saja membantu menyejukkan ruangan dan mengatasi masalah tersebut, tetapi harga AC masih relatif mahal dan juga biaya operasionalnya, yakni konsumsi listriknya cukup besar. Sedangkan jika memakai turbin ventilator itu maka bisa lebih murah dan juga bebas biaya listrik. Rumah pun tidak menjadi lembab serta pengap lagi. Oleh karenanya untuk solusi yang lebih murah, bisa dipergunakan turbin ventilator untuk mengurangi panas dan pengap pada ruang. Kerja turbin ventilator ini juga cukup efektif.

Cara Kerja Turbin Ventilator

Turbin ventilator akan dapat berputar hanya dengan hembusan angin yang lemah sekalipun, namun juga mampu menahan angin berkecepatan tinggi. Turbin ventilator itu bekerja dengan tenaga angin, jadi tidak memerlukan daya listrik. Turbinnya memutar dan akan membuat udara dalam ruangan tersedot keluar. Turbin juga akan berputar otomatis sebagai akibat dorongan naik dari udara di luar, yang lebih berat, terhadap udara panas yang lebih ringan, di dalam ruangan, melalui sirip-sirip vertikalnya. Sirip-sirip tersebut akan terus berputar meskipun tiupan angin sangat kecil. Model siripnya yang dibentuk sedemikian rupa juga akan dapat menghalangi masuknya air pada saat hujan.

Aneka Bahan Turbin Ventilator

Kebanyakan ventilator terbuat dari aluminium atau stainless steel, dan beberapa mulai ada yang dari polikarbonat. Turbin ventilator yang terbuat dari stainless itu lebih kuat dan juga tahan karat, sedangkan yang terbuat dari aluminium lebih mudah pudar dan berkarat meskipun juga cukup tahan lama.

Turbin ventilator yang terbuat dari polikarbonat, pilihan warnanya lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan warna genteng, sehingga dapat menunjang estetika rumah. Pemasangan turbin ventilator dapat mengikuti kemiringan atap, bahkan hingga 45 derajat. Idealnya, penempatannya harus lebih tinggi dari puncak atap rumah supaya tiupan angin bisa bergerak bebas mencapai turbin. Sebelum memasangnya sebaiknya terlebih dahulu dilakukan survei terhadap posisi rumah, untuk menentukan lokasi turbin ventilator yang tepat.

Demikianlah pembahasan mengenai turbin ventilator penyejuk rumah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Selamat Datang

di Official website Tiga Jaya

Klik tombol di bawah ini untuk terhubung dengan Customer Service via WhatsApp :)

× Hubungi CS